DOSEN BERKUALITAS

24 Februari 2015

Tadi siang setelah jam makan siang, kami ada kelas Mikroprosesor ya matakuliah yang membahas tentang detail dari prosesor.
Yang tidak mengenakkan itu adalah dosennya, dosennya membuat suntuk dengan mengajar dengan cara ceramah, aku kurang tau apa penyebabnya.
Disaat dia menyampaikan materi dia hanya bercerita dan memandangi slidenya, dan jarang berkomunikasi dengan kami mahasiswanya.

Seharusnya seorang dosen harus bisa mentransferkan ilmunya dengan baik kepada mahasiswanya.
Jika hal seperti tadi terjadi, maka banyak yang rugi.

Sang dosen rugi karena telah menghabiskan tenaga dan waktunya 

dan
mahasiswa rugi karena telah menghabiskan tenaga, waktu dan uangnya.
Aku rasa kelas tadi menjadi sia sia, karena pembelajaran tidak efisien, disaat siang yang panas dan keadaan memang sudah lelah - padahal tadi dapat kelas diruang ber AC- sang dosen bukannya membuat perkuliahan menjadi ringan.

Kami mahasiswa kurang diperhatikan, soalnya tadi aku sempat tidur dibelakang dan kawan kawan yang lain sibuk dengan gadgetnya masing masing yang duduk didepanpun tidak ada yang menyimak penuh, sepanjang perkuliahan tadi selama 2 jam full dia hanya menerangkan slide, bisa dihitung dia bertanya kepada mahasiswanya.

Kurang tau juga penyebabnya apa?? Mungkin matakuliah tersebut bukan jurusan dia, tapi karena kampus meminta itu dia menyanggupinya, kan mungkin.

Kenapa aku berfikirnya demikian? karena disemester yang lalu kami juga ada dapat dosen yang mengajar bukan jurusan dia, tapi karena kampus nyuruh ngajar itu dan dia menyanggupinya, makanya saat dikelas ada mahasiswa bertanya, sang dosen tidak mengetahui jawabannya, tak lama setelah itu dia mengakui bahwa itu bukan jurusannya, dia tidak ahli disitu hanya saja dia memaksakannya.

Harusnya dosen dosen tersebut mengajar sesuai dengan keahliannya, agar ilmu yang disampaikan dan pertanyaan pertanyaan dari mahasiswa yang memang penasaran bisa dijawab. dan juga diperlukan DOSEN BERKUALITAS untuk setiap matakuliah.

Itu mungkin hanya kesalahan kecil, paling 1 atau 2 orang dosen yang seperti itu, coba bayangkan jika 5 dosen seperti itu, apa yang akan didapat oleh mahasiswa tersebut??

Memang kita sebagai mahasiswa memang harus aktif dengan tidak hanya mengandalkan materi dari dosen, tetapi dengan adanya pertemuan atau kelas, at least pertanyaan pertanyaan yang menyangkut seperti kasus dan pengalaman pengalaman dari masalah itu bisa dijawab.


At least 2 jam duduk dikelas itu tidak terbuang percuma.

By Blank

No comments:

Post a Comment