Mahasiswa Masih Memakai Paradigma Siswa

25 November 2014

Mahasiswa adalah tingkatan tertinggi dari pendidikan setelah murid untuk SD, pelajar untuk SMP, siswa untuk SMA selanjutnya baru Mahasiswa untuk Perguruan Tinggi. 
Nah dalam hal ini seharusnya mahasiwa bisa atau diharapkan lebih pintar, lebih sopan, lebih bisa berfikir, dan terampil dalam pemecahan masalah, karena saat di-Perguruan Tinggi  yang dibahas ialah studi kasus tentang masalah masalah yang ada.


Kebanyakan mahasiswa sekarang masih memakai paradigma SMA ataupun SMP, mereka tidak mengerti apa mahasiswa itu sebenarnya, mereka masih menganggap perguruan tinggi seperti sekolah, maksud aku seperti sistem belajarnya, seharusnya sistem belajar mahasiswa lebih kepada diskusi dan membahas tentang masalah masalah yang ada sekarang, tapi karena kebiasaan dari SMA yang sistem belajarnya "disuapi" mahasiswa menjadi manja.

Tingkah laku mahasiswa juga masih seperti siswa SMA, seharusnya dengan pendidikan di SMA yang diajarkan sopan santun kepada guru, malah mahasiswa acuh tak acuh kepada dosen, seharusnya mahasiswa menganggap dosen seperti guru. 

Harusnya mahasiswa menjadi contoh bagi adik adiknya dibangku SMA, baik itu dari segi belajar, kesopanan, dan lainnya.
Aku harap kepada rekan rekan mahasiswa untuk lebih dimengerti lagi apa itu mahasiswa dan tanggungjawab kita sebagai mahasiswa.

Ini yang aku lihat ditempatku, mungkin ditempat kalian berbeda, mungkin disini karena mereka banyak yang ngekos ataupun jauh dari orangtua, jadi mereka merasa bebas karena tak ada lagi yang akan memantau mereka dari lupa dan khilafnya pekerjaan rumah ataupun tugas tugas yang diberikan.

Aku juga mengambil contoh dari diriku sendiri yang masih memakai paradigma SMA, karena jauh dari pantauan orangtua jadi kita harus bisa mandiri, buktikan kepada orangtua bahwa usaha mereka tidak sia sia menguliahkan kita.

By Blank

No comments:

Post a Comment