Nilai dari sebuah kejujuran!!!

04 Desember 2014

Semalam kami melakukan UTS Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) yang diampu oleh pak Edwar Ali, karena beliau ada kesibukan lain, maka kami ditinggal untuk mengerjakan UTS tersebut. Hampir seluruh kelas berteriak gembira dan ada
sebagian yang tidak dan menganggapnya biasa biasa saja, dan pada saat itulah aku mendengar kalimat yang mungkin sama kalian biasa biasa saja, tapi bagiku itu sangat menyentuh, kalimatnya seperti ini "Yang penting itu bukan nilai IP, tapi nilai dari sebuah kejujuran", begitulah yang dikatakan Ketua Kelas Reza Jumiandi kepadaku, ya terus terang saja aku terkejut, disaat yang lain mencontek ataupun mencari jawaban pada berbagai sumber, karena pada saat itu sifat ujian adalah Close Book.

Seperti postingan sebelumnya, aku membahas tentang kebiasaan, nah kebiasaan mencontek ini sudah ada sejak kecil dan kita melakukannya tanpa sadar akan perbuatan itu sebenarnya berdampak buruk pada kita saat kita sudah besar, ingat "KEBIASAAN MEMBENTUK SIKAP", memang sih nilai kita bisa tinggi karena kita menjawab pertanyaan dengan melihat sumbernya, tapi alangkah lebih baiknya jika nilai yang kita terima adalah hasil kerja kita sendiri.

Pada saat sekarang ini sudah jarang kita temukan kejujuran, kenapa?? karena anak kecil saja sekarang sudah pandai berbohong, kenapa anak kecil sudah pandai berbohong?? karena itu yang dia tangkap pada kehidupannya sehari hari, jika orangtuanya dulunya suka berbohong, jangan kaget saat anaknya juga pandai berbohong, karena buah jatuh tak jauh dari pohonnya.

Dibumi ini saja kejujuran sudah langka bahkan ditempat tempat yang suci sekalipun susah dicari kejujuran, andai saja setiap orang jujur, mungkin masalah masalah yang rumit akan mudah diselesaikan, jangankan untuk jujur pada oranglain, jujur kepada diri sendiri saja susah, itulah kenapa terjadi pencontekan, karena mereka tidak jujur dengan diri mereka sendiri, begitulah menurut pandanganku, tapi kurang tahu juga pendapat kawan kawan seperti apa, mungkin ada yang punya pendapat lain, mari kita diskusikan.

Ingatlah Kejujuran itu Indah!!!

By Blank

No comments:

Post a Comment