Materi UAS Rekayasa Interface Semester Ganjil

13 Januari 2015

Postingan kali ini akan membahas tentang kisi kisi UAS hari ini, yaitu tentang matakuliah Rekayasa Interface (RI)

  1. Tentang System USABILITY

  • Learnability (Kemampuan Pembelajaran), yaitu bagaimana suatu sistem memiliki kemudahan untuk dipelajari dan kecepatan untuk dapat menjadi mahir.

  • Throughput (Tolok Ukur Keluaran), yaitu bagaimana sebuah sistem memiliki kecepatan dalam menyelesaikan tugas dan berapa banyak orang yang dapat memperbaiki kesalahan.
  • Flexibility (Keluwesan), yaitu sebuah sistem bisa cocok dengan keahlian user dan dapat diubah untuk kerja/keahlian yang berbeda.
  • Attitude ( Perilaku ), yaitu sebuah sistem harus bisa membuat user merasa puas dan dapat memberikan manfaat serta berapa lama sistem dipergunakan.
2. Tentang Model Interface
 API yaitu Aplikasi Program Interface, Model Interface memiliki 3 Model
  • Linguistic Style, model interface yang dilakukan melalui bahasa yang dimengerti oleh mesin. Karakteristiknya adalah 
       a. Interface melalui Alphanumeric Keyboard
       b. Bahasa Mesin merupakan bagian kecil dimengerti manusia
       c. Adanya aturan syntax dan semantic untuk aksinya.

  • Key-Model Style, model interface yang dilakukan melalui penekanan tombol yang diprogram untuk menjalankan fungsinya. Karakteristiknya adalah
       a. Interface melalui tombol fungsi/alphabet
       b. Aksi yang dilakukan step by step
       c. Banyak digunakan dalam walk up system
  • Direct Manipulation Style, model interface yang dilakukan melalui manipulasi terhadap objek tertentu. Karakteristiknya adalah
       a. Interface objek ditampilkan untuk user (pengguna)
       b. Adanya pointer untuk penunjuk memanipulasi objek
       c. Interface diterapkan secara langsung terhadap objek
       d. Adanya respon seketika pada objek (immediate feedback)

3. Tentang Paradigma Interface
Paradigma Interface berguna untuk meningkatkan sistem usability.
Jenis jenis paradigma
  • Time Sharing = satu komputer yang mampu mendukung banyak user dan meningkatkan keluaran (throughput ) dari sistem
  • Video Display Unit (VDU) = Dapat memvisualisasikan dan memanipulasi informasi yang sama dalam representasi yang berbeda dan mampu memvisualisasikan abstraksi data
  • Programming Toolkits = Alat bantu pemrograman yang memungkinkan pemrogram untuk meningkatkan produktivitasnya
  • Personal Computing = Mesin berukuran kecil yang powerful dan dirancang untuk pengguna tunggal
  •  Windows System dan WIMP (Windows, Icon, Menu and Pointers)  Interface = Suatu sistem window yang memungkinkan user untuk berdialog atau berinteraksi dengan komputer dalam berbagai aktivitas dan topik yang berbeda
4. Tentang Terminologi Interface
Terminologi adalah aturan untuk bisa terjadinya suatu kegiatan interface
  • Domain, Keahlian dan pengetahuan pada kegiatan dunia nyata
  • Goal, Hasil yang diinginkan dari suatu aksi/ kegiatan
  • Task, Operasi untuk memanipulasi isi dari domain
  • Intention, Aksi khusus untuk menemukan hasil yang diinginkan
  • Task Analisys, Identifikasi ruang masalah yang berkaitan dengan domain, goal dan task.
  • System, Aplikasi yang akan digunakan dalam sistem komputer
  • Task Language dan Core Language
nah itulah kira kira yang pembahasan untuk UAS hari ini , semoga pagi ini bisa menjawab semua pertanyaan yang akan diberikan oleh pak Karpen M.Kom

Bye All!!


No comments:

Post a Comment