Apa itu sistem??

16 Februari 2015

Jadi tadi kami belajar tentang sistem. Apa itu sistem??

Anak Teknik Informatika (TI) itu harus tau tentang sistem,
soalnya kita akan lebih banyak berbicara tentang sistem.

Jadi SISTEM itu adalah sekumpulan jaringan dan prosedur yang saling berhubungan dan bekerjasama satu dengan yang lainnya untuk mencapai tujuan.


Nah kalian dah harus tau ya besok besok kalau ditanya pengertian SISTEM ya.


Terus untuk menyatakan dia itu sistem harus ada penentunya.

Jadi sesuatu itu bisa dikatakan sistem apabila mempunyai :


  1. Mempunyai komponen komponen, seperti hardware, software, brainware, prosedur, database, dan jaringan.
  2. Mempunyai batas, sistem itu mempunyai batasan, sistem yang kita buat untuk orang kantoran tidak bisa kita terapkan dalam dunia kedokteran, karena akan berbeda kondisinya.
  3. Lingkungan luar, sistem juga mempunyai lingkungan luar, karena untuk memberi batasan sistem itu juga bisa dipengaruhi oleh lingkungan, seperti sistem yang kita buat, kita juga harus tau sistem tersebut bisa berguna dilingkungan yang seperti apa.
  4. Antarmuka (interface), ini penting karena sebuah sistem harus ada penghubung, seperti pada pengertian diatas yaitu saling berhubungan.
  5. Input (masukan), sistem membutuhkan data yang nantinya akan diolah.
  6. Proses (pengolahan), ini jelas yang diolah adalah data yang menjadi masukan tadi.
  7. Output (keluaran), data yang tadi diolah akan menjadi hasil dan hasil inilah yang menjadi tujuan dari sistem.
  8. Sasaran (objectives), sistem juga harus mempunyai sasaran, dari hasil yang didapat kita bisa menentukan apa sasaran kita.

KLASIFIKASI SISTEM

  • Sistem Abstrak dan Fisik, sistem abstrak itu yang tidak terlihat secara fisik dan sistem fisik itu yang nyata dan bisa dilihat secara fisik
  • Sistem Alamiah dan Buatan, sistem alamiah itu adalah sistem yang terbentuk tanpa campur tangan manusia dan sistem buatan sistem yang memang dibuat oleh manusia.
  • Sistem Tertentu dan Tak Tentu, ini apa ya tadi?? pas belajar tadi tak nyimak full.
  • Sistem Tertutup dan Terbuka, sistem tertutup adalah sistem yang hanya untuk orang orang tertentu dan sistem terbuka sistem yang bisa orang luar mengakses, memberi masukan bahkan bisa merubah sistem tersebut.
Nah itu tadi yang dipelajari, sebenarnya masih banyak materi yang lain sebenarnya waktu kita untuk memahami materi secara fokus itu hanya sekitar  1 jam pertama lebih dari 1 jam kita akan kehilangan fokus, nah disitulah peran pemberi materi or lecture untuk memadatkan materinya di 1 jam pertama, selebihnya hanyalah hiburan ataupun bisa evaluasi untuk menguji sejauh mana peserta ataupun penerima materi memahaminya.

Tadi si dosen setelah 15 menit pertama review materi kemaren, terus selanjutnya dia berceramah tanpa henti tanpa berkomunikasi dengan mahasiswanya, itu yang akan membuat materi yang diberi sama sekali tak ada gunanya, terbuang sia - sia.

Dan sebagai mahasiswa, jangan mau hanya menerima ilmu ataupun materi dari dosen saat dikelas, setelah keluar kelas, apa yang masih menjadi pertanyaan dicari jawabannya, karena jika mengharap ilmu yang diberi dosen itu tidak sepenuhnya.

sumber gambar : google.com



OK, that's it.
Keep Learn

By Blank




No comments:

Post a Comment