"Pengguna Narkoba Lebih Baik direhabilitasi daripada dipenjara"?

22 Maret 2015

Narkoba merupakan singkatan dari Narkotika, psikotropika dan bahan adiktif, adalah zat zat berbahaya yang mana jika dikonsumsi akan berpengaruh buruk kepada saraf dan mengganggu dalam berfikir. Orang yang mengkonsumsi narkoba mereka cenderung berfikirnya lama, dan mereka sering tertawa sendiri karena efeknya bisa membuat rasa bahagia.

Jenis jenis narkoba ini ada banyak seperti :
  • Heroin, benda ini bentuknya seperti serbuk berwarna putih, karena berbentuk serbuk heroin mudah sekali untuk diselundupkan disimpan ditempat yang tak diduga duga.
  • Pil Ektasi, benda ini berbentuk seperti pil obat biasa, dia juga bisa diselundupkan dengan mudah didalam kotak obat dan tempat obat yang lain. Efeknya membuat kita merasa melayang dan senang
  • Lem Cap Kambing, Lem ini jika dihirup secara berlebihan juga bisa merusak sel saraf. Efeknya juga bisa menimbulkan halusinasi kepada si pemakai.
  • Ganja, benda ini adalah daun ganja yang dikeringkan biasanya pemakaiannya dibuat seperti rokok. Efeknya juga membuat kita merasa bahagia
  • Banyak lagi contoh lainnya seperti Kokain, Morfin dan lain lain.
Narkoba merupakan salah satu penyebab hancurnya negara? 
Kenapa? karena yang mengkonsumsi narkoba itu dominan adalah para remaja, dan remaja adalah penerus bangsa. Jika remajanya hancur, siapa lagi yang akan memimpin bangsa kedepannya.

Kenapa narkoba begitu populer dikalangan remaja?
Karena remaja rasa ingin tahunya sangat tinggi rasa penasaran remaja itulah yang membuat mereka ingin mencoba hal hal baru yang mereka belum ketahui penyebabnya, dan juga pemikiran remaja itu masih labil, mereka belum bisa berfikir secara matang, cara berfikir mereka hanyalah mengikuti emosi dan nafsu. Awalnya mereka hanya mencoba rokok, terus mencoba minum minuman keras, berlanjut ke ganja lalu obat yang lainnya, rasa ingin tahu remaja sangat tinggi sekali

Diantara banyak remaja yang terkena ataupun terjebak oleh benda yang bernama narkoba, pasti susah untuk mereka menghilangkan kecanduan mereka terhadap narkoba, saat mereka candu apapun bisa mereka lakukan jika mereka tidak mendapatkan apa yang mereka inginkan.

Untuk itu perlu adanya rehabilitasi ataupun pengobatan untuk membantu para pecandu narkoba ini agar mereka bisa kembali normal tanpa ketergantungan kepada narkoba.

Pada tahun 2015 ini Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Aceh, sedang mencanangkan program untuk merehabilitasi para penyalahgunaan narkoba ini dengan nama " Rehabilitasi 100.000 Penyalahguna Narkoba ". target BNNP Aceh setidaknya 100.000 orang penyalahguna narkoba bisa terobati dengan adanya program ini, dan seharusnya BNN Provinsi yang ada di Indonesia juga melakukan kegiatan yang sama, kurang lebih dari 3 juta orang akan mendapatkan rehabilitasi ini.

Bagi para remaja yang belum mengenal apa dan bagaimana rasanya narkoba, pesan saya adalah "JANGAN COBA COBA dan JANGAN DEKATI NARKOBA" karena sekali kalian mencoba selamanya kalian akan menderita, karena "Mencegah lebih baik daripada mengobati"

Bagi kalian yang memiliki keluarga ataupun tetangga yang terjerumus pada jebakan yang bernama narkoba ini segera laporkan kepada BNN untuk direhabilitasi, karena "Pengguna Narkoba Lebih Baik direhabilitasi daripada dipenjara" soalnya mereka adalah korban, yang harusnya ditangkap itu adalah para pengedar barang haram itu.

Bagi kalian yang memiliki teman mantan pengguna narkoba, jangan kalian jauhi, rangkul dia agar dia bisa berbaur dengan masyarakat lain, karena biasanya mereka yang pernah terlibat pada kasus narkoba ini, mereka akan kehilangan rasa percaya dirinya.

Mari sama sama kita jaga orang orang yang kita sayangi agar mereka tidak terjerumus kepada kasus narkoba, terutama kepada anak anak kita yang remaja karena mereka rentan terhadap hal hal negatif, mereka mudah terpengaruhi oleh lingkungan luar, sudah sepatutnya kita sebagai orangtua mengawasinya dengan ketat, karena narkoba ini sekali saja mencoba efeknya dia akan menderita selamanya.

Dan kami juga menaruh harapan penuh kepada BNN untuk bisa mengatasi masalah masalah yang berkaitan dengan narkoba ini, buat Indonesia aman dan kalau bisa terlepas dari yang namanya narkoba dan kepada seluruh rakyat Indonesia mari sama sama kita bantu program program anti narkoba yang telah ada semoga program Indonesia Bebas Narkoba 2045 bisa terwujud.

 Aceh Anti Narkoba


Sumber gambar : http://blog.bnnpaceh.com/syarat-ketentuan/


3 comments: