Hari Kehutanan Se-Dunia

21 Maret 2015
Lestari!!


Saat ini banyak kita lihat penebangan hutan liar, pembakaran hutan oleh orang yang tidak bertanggungjawab dan termasuk mengganti hutan dengan lahan sawit.

Apa mereka tidak berfikir apa akibatnya jika hutan gundul?
Yang terjadi jika hutan gundul 

  • Akan mudah banjir, karena yang menghalangi air hujan yang begitu lebat sudah tidak ada lagi, dan akar yang digunakan untuk menyerap air juga sudah tidak ada.
  • Sering terjadi bencana, seperti angin puting beliung karena pohon pohon atau hutan hutan yang biasanya untuk menahan angin sekarang sudah ditebang.
  • Punahnya hewan hewan yang hidup dihutan tersebut, karena hutan atau tempat tinggal mereka ditebang, mereka akan kebingungan untuk mencari tempat tinggal baru, contohnya Harimau Sumatera dulu harimau ini masih sering kita jumpai, karena sekarang banyaknya pembangunan dan tak ada program untuk penyelamatan hewan ini makanya sekarang populasi hewan ini terancam punah, malah dulu pernah dengar cerita harimau sampai pergi ke pemukiman warga. kenapa? karena tempat mereka berlindung sudah ditebang oleh manusia manusia serakah yang hanya egois, hanya mementingkan dirinya sendiri.
  • Global Warming, pemanasan global, kenapa? karena hutan adalah penyumbang oksigen terbesar karena berkurangnya hutan, pasokan oksigen kita jadi berkurang, sedangkan pertumbuhan manusia dimuka bumi ini sangat lah pesat. Jadi, kebutuhan oksigen semakin banyak, penyedia oksigen semakin sedikit. 
Banyak lagi hal buruk yang akan terjadi jika hutan kita gundul, itu adalah bencana. 
Mari kita galakkan kembali reboisasi (penanaman pohon kembali), jaga kelestarian hutan kita.
Ajak orang orang untuk menanam, karena "Apabila pohon terakhir ditebang, sungai terakhir dikosongkan dan ikan terakhir ditangkap, maka manusia akan menyadari bahwa mereka tidak bisa memakan uang"(Eric Weiner)

Dihari kehutanan Se-Dunia ini mari sama sama kita melakukan aksi, entah itu penyelamatan hutan yang akan direncanakan untuk membangun lahan sawit, entah itu aksi menanam pohon ataupun aksi lainnya, yang bisa membuat alam lestari.

Lestari!!


By Blank

No comments:

Post a Comment