Peran Muslim di Era Modern

14 Maret 2015

Era Modern adalah  era yang identik dengan teknologi, era yang sudah ga kuno lagi.

Contohnya : dulu untuk menghaluskan cabe menggunakan batu giling (read : cobek), nah sekarang untuk melakukan itu ga perlu lagi yang namanya cobek, sekarang udah ada blender (alat yang biasa digunakan untuk menghancurkan buah buahan maupun bumbu bumbu dapur), kek gitulah gambaran tentang era modern, semua yang dulunya dikerjakan manual(pake tangan) sekarang udah menggunakan mesin dan teknologi.


Di judul dituliskan "Peran Muslim di Era Modern". Apa peran seorang muslim di era modern seperti sekarang ini?? Pertanyaan ini sebetulnya mengingatkan kita, untuk tidak melalaikan kewajiban kita sebagai muslim( mencoba untuk intropeksi diri). Jika dulu pas sore hari (maghrib)  anak anak pada mengaji dan sholat, sekarang semenjak adanya televisi minat anak anak untuk sholat dan ngaji jadi berkurang karena acara acara di televisi lebih asik dan menarik daripada mengaji, begitu juga dengan yang lainnya. Berkembangnya zaman akan berpengaruh kepada sikap dan perilaku kita.

Peran muslim disini pada era modern ini yaitu : 

  • Seorang muslim harus bisa memanfaatkan teknologi maupun perkembangan zaman sekarang ini untuk tetap melakukan ibadah
  • Seorang muslim juga harus mengingatkan sesama untuk tetap menjalankan kewajibannya sebagai muslim dengan cara memanfaatkan modernisasi.
  • Menjadi salah satu yang berpengaruh dalam perkembangan zaman ini, jangan sampai kita sebagai muslim menjadi salah satu yang ketertinggalan, tapi manfaatkan lah perkembangan zaman ini untuk terus beribadah kepada ALLAH
Masih banyak lagi peran muslim yang lainnya, tapi 3 ini saja sudah bisa mewakili semuanya.
Ingat wahai saudaraku, ibadah yang paling utama.

By Blank

No comments:

Post a Comment