Cara Mengganti Icon Tab Bar pada Blogspot

13 Maret 2015

Banyak aku kunjungi blog blog orang yang sudah lama bergelut dibidang ini (ngeblog), ada satu yang jadi perhatianku yaitu pada Tab Bar mereka icon nya bukan lagi menggunakan icon blogspot, tapi menggunakan icon mereka sendiri, aku jadi bertanya tanya "Bagaimana ya agar blog aku icon nya juga seperti itu?"

Akhirnya aku browsing dan menanyakan pada mbah Google, lalu dapatlah cara caranya. Nah kali ini ku juga ingin membagikannya kepada kawan kawan, caranya cukup simple kok.

  • Mulailah segala sesuatu dengan Bismillah
  • Kalian harus membuat icon nya dulu, jika ingin icon sendiri tapi jika ingin menggunakan icon icon yang lain google juga menyediakannya kok. Icon yang harus kalian buat itu ukurannya 34 x 34 pixel, atau bisa juga kalian buat 50 x 50 pixel, itu bisa kalian buat melalui Photoshop ataupun CorelDraw itu terserah kalian yang penting ukurannya tidak lebih dari 100Kb dan simpan file dengan extensi .ico, dari .jpg kalian bisa konversi ke ico dengan software Format Factory cari aja di google banyak tu.
  • Setelah ada file .ico nya, buka dashboard blogspot kalian, lalu klik Tata Letak, setelah itu pada Favicon pilih Edit. Seperti contoh dibawah 

  • Setelah itu nanti akan ada jendela baru, Konfigurasi Ikon Favorit pilih gambar yang sudah kalian buat tadi lalu klik Simpan.
  • Setelah itu baru klik Simpan Setelan. Tunggu beberapa menit atau beberapa jam, nanti icon akan berubah sendiri. Agak lama sih tapi sabar aja.
Oke segitu dulu tutorial dari aku, mudah mudahan bisa buat tutorial lagi, semoga bermanfaat karena ada istilah "Sampaikanlah Walau Satu Ayat"  walaupun sedikit insyaallah bermanfaat.

By Blank

No comments:

Post a Comment