Motivasi diri sendiri. . .

06 April 2015
Untuk menjadi apa yang kau inginkan, kau haruslah berusaha dengan sangat keras. Karena orang – orang yang berhasil, mereka telah lebih dulu berjuang keras. Mereka mulai dari nol, tapi mereka pantang meyerah, mereka selalu memperbaiki ilmu dan keterampilan yang mereka punya.

Awalnya dari hati, mereka tidak kepikiran bahwa mereka akan jadi orang hebat, karena mereka bekerja dengan hati lah mereka bisa mencapai apa yang mereka inginkan. Semuanya berawal dari hobi, apapun yang kalian lakukan dengan rasa bahagia dan senang kalian akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Contohnya saja R.H.Oma Irama, dia awalnya hanya menciptakan lagu – lagu dangdut, tidak terfikir olehnya kalau lagu lagu tersebut menjadi terkenal sehingga dinyanyikan oleh banyak orang. Perjalanan hidupnya juga tidak mudah, berawal dari mengamen juga, memainkan lagu dari bus ke bus, rumah ke rumah, semua jerih payah itu dilaluinya.

Terus coba kalian lihat pemain bola Internasional yaitu Cristiano Ronaldo, dia jadi hebat karena dia memang suka sama bola, dan memainkannya setiap hari. Karena itulah dia bisa menjadi pemain bola Internasional yang hebat.
Coba kalian bayangkan jika R.H.Oma tidak suka nyanyi, pasti tidak ada julukan raja dangdut untuknya, coba bayangkan CR tidak suka bola, mungkin sekarang kalian tidak akan mengenalnya.

Nah masuh ke masalahku, sudah berpuluh puluh naskah yang aku kirim untuk mengikuti event event dan lomba lomba, baik itu puisi, cerpen, artikel, blog dan lainnya, tapi selalu naskahku tidak terpilih menjadi sebagai nominasi, mungkin disitu cobaannya. Aku baru mengirim puluhan saja sudah merasa minder dengan orang orang ataupun sainganku. Padahal awalnya mereka mereka itu pasti mempunyai masalah yang sama denganku.

Sebenarnya tujuan awal aku mengikuti lomba lomba itu agar kemampuan menulisku menjadi terasah, dengan seringnya aku mengikuti lomba dan lainnya. Tapi seringkali aku melupakan tujuan awal itu dan lebih memilih untuk terobsesi menjadi juara, padahal aku baru penulis pemula yaitu anak kemaren sore yang ingin belajar menulis.

Coba lihat kisah kisah penulis penulis terkenal itu, mereka telah membuat ribuan karya mungkin, sehingga ketika kemampuan menulisnya semakin meningkat lalu disitulah mereka mulai dikenal.

Coba kalian lihat Pramoedya Ananta, Chairil Anwar, Sapardi Djoko Damono, Pandji Pragiwaksono, Raditya Dika dan banyak lagi penulis lainnya. Lihat perjuangan mereka, perjuangan mereka tidaklah mudah, jika mereka mudah menyerah tidak akan ada orang yang akan menikmati buku mereka, karena usaha dan kerja keras merekalah akhirnya masyarakat mengetahui karya mereka.

Nah balik lagi ke aku, masalah yang sering dialami oleh penulis pemula adalah. .  ya . .  seperti aku sekarang, mudah putus asa, kurang percaya diri, hanya karena tulisannya tidak jebol sebagai nominasi lomba, malas malasan untuk menulis lagi. Seharusnya itu menjadi motivasi untuk memperbaiki kualitas tulisan yang belum bagus itu.
Berusahalah untuk menjadi lebih baik, buat sesuatu yang berguna yang bermanfaat buat oranglain, intinya selain berkarya kamu juga bisa beribadah dan itu akan mempunyai nilai lebih.
Jangna pernah merasa ilmumu sudah banyak, belajar, belajar, belajar dan belajar terus, karena ada pepatah mengatakan “Alah bisa karena terbiasa” perbanyak ilmu perkaya kemampuan menulismu.


No comments:

Post a Comment