Bunga Edelweiss Bunga Keabadian

05 April 2015

Bunga Edelweiss. . . .

Bunga yang mekar
Bunga yang belum mekar
First time I heard about Edelweiss, there many question in my mind. 

Apa itu Edelweiss?
Edelweiss adalah tumbuhan yang hanya tumbuh di daerah gunung ataupun pegunungan, ketinggian tumbuhan ini bisa mencapai 8 meter, tapi umumnya kurang dari satu meter, dan batangnya bisa mencapai sebesar kaki manusia, tumbuhan ini dikategorikan langka, ya karena tidak mudah untuk menemukannya.

Nah untuk bunganya itu biasanya muncul diantara bulan April - Agustus pada bulan Juli - Agustus merupakan fase mekar terbaiknya, nah jadi jika kalian ingin melihat mekar bunganya mendaki gunung lah pada bulan tersebut.

Bentuk bunganya seperti gambar diatas, bunganya seperti dilapisi wol gunanya untuk mengurangi sinar UV yang sampai kebunga agar bunga tidak kekeringan, dan bunga tersebut menyimpan kadar air yang digunakannya untuk bertahan hidup dikala panas.
Bunga ini biasanya tumbuh diketinggian sekitar 2000 - 3000 meter dari permukaan laut(mdpl).
Walaupun bunga ini tumbuh disekitar gunung/pegunungan tapi tidak semua gunung ada Edelweiss nya.

Kata Edelweiss berasal dari mana?
Kata Edelweiss itu berasal dari Jerman Edel (mulia) weiss(putih) bisa diartikan "bunga putih yang mulia". Di Indonesia Edelweiss dikenal dengan bunga Senduro atau bahasa ilmiahnya 'Anaphalis Javanica' . Diluar Indonesia dikenal dengan 'Leontopodium' (kaki singa).

Edelweiss ini bisa berkembangiak tidak?
Edelweiss ini dikembangbiak kan oleh pihak konservasi dengan tujuan untuk mencegah punahnya tanaman ini, cara yang pakai untuk mengembangbiak kannya dengan cara stek batang, para peneliti masih meneliti dan mencari cara lain untuk mengembangbiak kan edelweiss ini.

Apakah boleh memetik Edelweiss?
Dibeberapa negara masih ada yang melegalkan pemetikan Edelweiss, tapi dibanyak negara sudah menetapkan bahwa memetik Edelweiss adalah ILEGAL.
Walaupun sudah di ilegalkan tetap saja masih banyak para pendaki gunung yang tidak bertanggungjawab memetik bunga Edelweiss dan dibawa turun dengan cara disembunyikan.
Di Gunung Bromo Edelweiss ini sudah punah(tidak ada lagi).

Ya itu lah pertanyaan yang timbul dibenakku saat mendengar kata Edelweiss.

Pesan
- Jangan memetik bunga Edelweiss karena spesiesnya digolongkan "HAMPIR PUNAH".
- Jika melihat oranglain yang ingin memetiknya larang dia/mereka.
- Jika melihat bunga itu sudah dipetik oranglain tegur mereka, setidaknya kamu sudah berusaha.

Lestari Edelweissku.
By Blank


No comments:

Post a Comment