Sepertinya Minat Membaca Remaja Sekarang Sudah Berkurang. . .

12 April 2015
Melihat sepinya pengunjung perpustakaan sekolah, baik itu Sekolah Menengah Pertama(SMP) , Sekolah Menengah Atas (SMA) maupun Perguruan Tinggi, aku jadi miris. Minat membaca remaja sekarang sudah berkurang, aku juga kurang tau apa penyebab pastinya.

Menurutku karena perkembangan teknologi yang pesat sekarang ini, para remaja tak lagi tertarik untuk membaca, mereka lebih memilih untuk menonton. Beberapa adik adik junior yang kutanya, jawaban mereka seperti ini, "Malas baca tu bang, kalau ada filmnya mending kami nonton filmnya".
Ya itu karena perkembangan teknologi, coba bandingkan dengan dulu, saat belum ada televisi, untuk tau sebuah kisah mereka harus membaca dulu.

terus selanjutnya, itu karena buku buku yang tersedia kurang menarik, jadi para remaja ini menjadi bosan dengan bacaan mereka. Membaca kalah pamor dengan game game yang ada saat sekarang ini, ataupun dengan film sekarang ini.

Mungkin harus ada solusi lain untuk meningkatkan minat baca remaja ini,
karena menurutku membaca itu penting, pesan pesan film yang mengadopsi ataupun mengangkat dari novelpun tidak semuanya disampaikan oleh film itu. Awal kita masuk sekolah kita diajarkan untuk membaca, kalian pikir untuk apa??? Agar kalian bisa membaca apa apa yang tidak disampaikan oleh guru pada saat disekolah. Karena pelajaran atau ilmu tidak hanya dibangku sekolah, diluar sana masih banyak gudang ilmu, alam semesta ini masih terlalu banyak menyimpan rahasia, jika kita tidak membaca, bagaimana bisa kita mengetahui apa apa saja yang ada didunia ini.

Mungkin bagi para guru guru disekolah, ajarkan muridmu untuk mulai menyukai membaca sejak dini, kalau bisa yang masih kelas 1 SD itu sudah diajarkan mereka untuk banyak membaca, karena jika hal itu dibiasakan sejak dini, maka itu akan terus lengket kebiasaan itu pada mereka.

Jangan lupa juga baca puisiku yang berjudul : BACA!!!

By Blank

No comments:

Post a Comment