Ekspedisi

25 November 2015
Postingan kali ini aku mau bahas tentang ekspedisi, karena tadi pas ngumpul kawan kawan cerita tentang ekspedisi, itu karena adik kami di WANAPALHI, Siska Adrian Nastilova masih bingung mau ekspedisi kemana. Check This Out.

Ekspedisi
Banyak versi dalam definisi ekspedisi, aku disini membahas tentang ekspedisi versi pencinta alam. Ekspedisi yaitu sebuah petualangan yang dilakukan pada daerah baru (bagi pelaksana).
Di WANAPALHI aku menyimpulkannya seperti ini, ekspedisi adalah sebuah petualangan yang dilakukan pada daerah baru (bagi WANAPALHI) atau bisa saja ketempat yang sudah pernah didatangi WANAPALHI, tapi dengan tujuan yang berbeda dan harus dilakukan oleh calon anggota WANAPALHI sebagai syarat untuk menjadi anggota penuh.

Rumit ya bahasanya? Maklumlah, aku kurang faham dalam mendeskripsikan definisi, tapi aku yakin kalian faham.

Ekspedisi juga mempunyai manajemennya, seperti semua kegiatan, pasti ada manajemennya, manajemen ekspedisi sama saja dengan manajemen perjalanan versi pencinta alam, dan yang bukan pencinta alam ini aku kasi sedikit gambarannya.

Manajemen Ekspedisi
Semua manajemen pasti punya 5W+1H nya, pasti faham lah ya 5W 1H, soalnya di pelajaran bahasa Indonesia pas SD juga dipelajari(emang akunya aja yg malas ngetik).

Selain 5W+1H, ada lagi step yang lain, seperti: 


  1. Perencanaan, ini biasanya erat hubungannya dengan ide, ide untuk merencanakan sebuah ekspedisi, dan juga menggunakan 5W 1H tadi.
  2. Persiapan, setelah adanya perencanaan dan telah matang, maka dibutuhkan persiapan. Seperti logistik, transport, perlengkapan dan lainnya, semua juga mengandalkan data dari 5W 1H tadi.
  3. Pelaksanaan, setelah persiapan oke, kita lanjut ke tahap ini, sesuai dengan tujuan awal, ibarat dalam ilmu komputer Input Proses Output, nah tahap ini berada pada Proses.
  4. Pasca Pelaksanaan, nah setelah selesai kegiatan, tahap selanjutnya yaitu laporan, evaluasi dan lainnya.
Teknik Packing
Packing adalah memasukkan barang barang yang ingin kita bawa kedalam carrier. Itu juga memerlukan teknik agar barang tersusun rapi dan safety untuk dibawa.
  • Benda yang ringan diletakkan dibawah, benda yang berat diletakkan diatas, agar beban bertumpu dipunggung, bukan dipinggang.
  • Barang yang emergency (dibutuhkan cepat) diletak diatas, agar mudah diambil, seperti P3K, senter dan barang emergency lainnya.
  • Manfaatkan ruang ruang kecil di carrier untuk barang yang kecil pula(yang mudah disisip) seperti sendok, bungkusan sachet atau yang lain yang bisa di selipkan.
  • Barang barang dimasukkan kedalam plastik agar tidak basah.
  • Jangan sampai ada barang yang ditenteng, usahakan semua barang didalam carrier, karena akan mengganggu saat perjalanan.
  • Bungkus barang barang yang mudah pecah dengan kertas, seperti telor ayam bisa diselipkan didalam beras, dan kaca lampu badai.
Nah mungkin ini yang ingin aku share kali ini semoga bermanfaat, dan buat adik kami Siska, gambaran ekspedisi telah banyak diberikan oleh senior, tinggal tentukan dan jalankan, and keep spirit keep smile.

By Blank

No comments:

Post a Comment