Minat Baca Kurang

 20 Februari 2021

    Jadi di perpustakaan sekolah tempat aku mengajar yaitu SDIT SMPIT Al Kindi ada menyimpan berbagai kitab hadits, Hadits Shahih Bukhari, Hadits Shahih Muslim, Hadits Shahih Imam Nawawi. Ada juga kitab Tafsir Qur'an Ibnu Katsir, dengan kitab yang lumayan lengkap disini, seharusnya banyak ilmu yang bisa diberikan, diajarkan dan diamalkan, tapi apa lah daya, minat bacaku amat sangat rendah.

Walaupun minat bacaku ada, kitab seperti ini tu, tidak bisa didalami sendiri tanpa ada guru yang menjelaskan, takutnya jika kita baca sendiri nanti jadi salah tafsir, salah tafsir bisa jadi menyesatkan, makanya hati - hati. Tapi tidak semua kitab, hanya beberapa yang butuh bimbingan dalam memahaminya, beberapa kitab lagi amat sangat detail dalam pembahasannya.

Aku masih heran dengan minat baca, bagaimana caranya untuk meningkatkan minat baca anak - anak baikpun orang dewasa, karena seperti dalam keluargaku saja, yang agak hobi membaca itu hanya aku, sedangkan disekolah, guru yang hobi membaca juga bisa dihitung jumlahnya, artinya sangat sedikit sekali, bahkan sebagai tanda minat baca itu kurang, buku di perpustakaan itu sampai berdebu.

Sepertinya aku butuh motivasi atau gerakan, yang mana gerakan tersebut bisa meningkatkan minat baca anak dan minat baca guru, karena ayat Al Qur'an yang pertama turun itu adalah Iqro' yang artinya bacalah.

Aku hobi baca, tapi aku tidak bisa membuat orang juga jadi hobi membaca, karena aku orang orang yang punya pengaruh kecil terhadap lingkunganku. Jadi mungkin bagi kawan kawan yang ada ide untuk bagaimana cara agar bisa menumbuhkan minat baca kasi tau aku ya, mana tahu bisa kuterapkan di kehidupanku.


By Blank

No comments:

Post a Comment