Perbedaan Siswa dan Mahasiswa

Rabu, 01 Okt 2014

Selamat Siang !!!
Kali ini aku mau bahas "Perbedaan Antara Siswa dan Mahasiswa", aku tertarik mau membahas ini karena sekarang aku merasa antara siswa dan mahasiswa itu tidak ada bedanya, nah mungkin dengan ini bisa sedikit membuka cara berfikir rekan rekan mahasiswa.

Pertama kita bahas siswa dulu, SISWA adalah sekelompok individu yang sedang menempuh jenjang pendidikan dimana cara atau sistem belajarnya masih "disuguhkan" atau diberi materi oleh guru dan cara menyampaikan materi dengan cara "berceramah". Cara belajar siswa sama dengan murid SD  (Sekolah Dasar) dan pelajar SMP (Sekolah Menengah Pertama).

Sedangkan MAHASISWA adalah
sekelompok individu yang sedang menempuh jenjang pendidikan dengan cara atau sistem belajarnya sudah harus mandiri, mahasiswa belajarnya dengan cara diskusi dan diarahkan oleh dosen pengampu mereka sudah harus sudah punya materi sebelum matakuliah dimulai. 

Seharusnya seperti itu, tapi yang aku lihat sekarang cara belajar mahasiswa sudah "melemah", sudah seperti siswa SMA yang materinya "disuap" oleh dosennya, jika seperti itu tidak ada perbedaan antara mahasiswa dan siswa.

Nah perbedaan lainnya yang ingin aku bahas adalah tentang kegiatan, jika kawan kawan mahasiswa hanya kuliah sehabis itu pulang apa bedanya sama anak anak SD?? Kenapa aku membandingkannya dengan anak SD?? Karena anak SMP aja mereka berkegiatan entah itu Ekstrakurikuler, Pramuka dan OSIS begitu juga dengan siswa SMA, jika mahasiswa juga seperti itu aku lebih bangga sama anak SMA atau SMP yang seperti itu.

Sebagai mahasiswa kita ada namanya Tri Dharma Perguruan Tinggi, salah satunya yaitu pengabdian kepada masyarakat, nah untuk mewujudkan itu diperguruan tinggi ada organisasi atau UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) disanalah kita berkegiatan, tapi minat mahasiswa untuk berorganisasi mulai menurun.

Harapan aku dengan postingan ini ya kawan kawan mahasiswa mau bergabung diorganisasi biar kita sama sama mengadakan kegiatan  untuk mengabdi dimasyarakat dan sama sama memajukan Indonesia kita.

Sekian dulu postingan ini, kalau cara penyampaiannya kurang tepat mohon dimaafkan kalau perlu diperbaiki dikomentar saja, biar aku tau mana yang harus diperbaiki biar kita sama sama maju.

Sekian dan Terima kasih!!!

No comments:

Post a Comment