10 Fakta tentang Indragiri Hilir

21 Mei 2015


Sumber Gambar : http://loketpeta.pu.go.id/peta-infrastruktur-kabupaten-indragiri-hilir-2012

Nah dikarenakan aku sudah sempat ke Indragiri Hilir (Inhil) dalam acara PURNAMA PA RIAU IV (Pertemuan Bersama Pencinta Alam Se-Riau ke IV), kali ini aku mau sedikit membahas sedikit fakta tentang Inhil. Come Check It Out

  1. Ibukota Inhil adalah Tembilahan, ye elah semua orang tau atuuh. . 
  2. Tempat terselenggaranya PURNAMA PA RIAU IV, kan dah dibilang tadi.
  3. Sebelum kemerdekaan di Inhil pernah berdiri 4 kerajaan, (Kerajaan Keritang, Kemuning, Batin Enam Suku dan Kerajaan Indragiri).
  4. Inhil memiliki 20 Kecamatan, (Batang Tuaka, Concong, Enok, Gaung, Gaung Anak Serka, Kateman, Kempas, Kemuning, Keritang, Kuala Indragiri, Mandah, Pelangiran, Pulau Burung, Reteh, Sungai Batang, Tanah Merah, Tembilahan, Teluk Balengkong, Tembilahan Hulu, Tempuling)
  5. Tembilahan dijuluki Kota Seribu Parit, sempat ada perubahan julukan jadi Kota Seribu Jembatan, tapi karena kurang bagus namanya, jadi balik lagi ke awal Kota Seribu Parit karena banyaknya parit yang ada di Kota Tembilahan.
  6. Luas Kabupaten Indragiri Hilir 11.606 km bujur sangkar, setidaknya segitu info yang aku dapat.
  7. Bahasa yang dominan di Indragiri ada 4 bahasa, (Bahasa Banjar, Melayu, Bugis dan Bahasa Indonesia), mungkin karena banyaknya trans dari Banjarmasin kali ya. 
  8. Inhil juga termasuk salah satu kabupaten pesisir Riau, karena lokasinya berada di Pesisir Riau.
  9. Matapencaharian Masyarakat Inhil yaitu Bertani, Beternak, Nelayan dan Berkebun, di Inhil masih ada sawah kok, ternak ya pastilah, nelayan apalagi, , ,  mereka kan di pesisir dan berkebun, karena di Inhil banyak sekali kebun kelapa, apalagi di Enok. dan juga ada pertambangan di Inhil (Batubara, Granit, Tanah Liat, Pasir Sungai dan Kaolin).
  10. Tempatnya barang Impor, karena lokasinya dekat dengan kota Batam, jadi barang barang seperti baju, celana, jaket, tas dan lainnya itu dekat masuknya ke Tembilahan, makanya ada Pasar Jongkok (PJ) dan barangnya itu ya barang second (bekas) kaya rombeng juga lah.
Ya mungkin itu aja fakta yang bisa aku sampaikan sekarang, kalau mau pendapat aku punya beberapa, oke check again.
  • Ceweknya cantik cantik, kenapa ini aku bilang pendapat?? karena cantik itu kan relatif. ^_^
  • Sore sore kegiatan masyarakat di Tembilahan berkegiatan di Kota, ada yang jogging, main badminton, voli, sepakbola, dan itu semua aku amati pas kami lagi penyebaran banner STMIK-AMIK Riau 
  • Susah untuk mendapatkan air tawar, karena sungai disana airnya sudah agak asin airnya payau, ini pendapat aku loh, bisa jadi aku salah.
  • Sarana jalan masih kurang disana, kemaren pas dari Tembilahan ke Enok dan dari Enok ke Rengat jalannya masih banyak yang berlobang lobang.
  • Gedung gedung pemerintah, sekolah dan kampus di bangun secara serius sehingga bagus.
  • Masyarakat disana belum sadar akan buruknya akibat buang sampah ke sungai atau ke laut, karena kemaren pas kegiatan menongkah kerang saat PURNAMA PA RIAU IV kami sudah mengumpulkan sampah bekas minuman kedalam kardus dengan maksud saat didarat ketemu tong sampah bisa dibuang disana, tapi pas sampai di pelabuhan sampah kami langsung dibuang ke sungai sama nahkodanya, Wallahua'lam.
Nah mungkin segitu dulu pendapatku tentang Inhil dan Tembilahan Khususnya, Terimakasih sudah berkunjung :p

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Indragiri_Hilir

By Blank

No comments:

Post a Comment