Plat Nomor Kendaraan di Indonesia

10 Agustus 2015

Kali ini mau bahas tentang nomor kendaraan yang ada di Indonesia, sekedar berbagi aja biar kita sama sama tau, dan buat kalian yang suka ngisi TTS, ini bisa jadi bahan referensi, hehe.
Yok mulai,
A = Banten
B = Jakarta
D = Bandung

E = Cirebon
F = Bogor
G = Pekalongan
H = Semarang
K = Pati
L = Surabaya
M = Madura
N = Malang
P = Besuki
R = Banyumas
S = Bojonegoro
T = Karawang
W = Sidoarjo (Jawa Timur)
Z = Sumedang ( Jawa Barat)

Lanjut, 
AA = Kedu
AB = D.I Yogyakarta
AD = Surakarta
AE = Madiun
AG = Kediri
BA = Sumatera Barat
BB = Sumatera Utara ( Tapanuli )
BD = Bengkulu
BE = Lampung
BG = Sumatera Selatan
BH = Jambi
BK = Medan
BL = Aceh
BM = Riau
BP = Kepulauan Riau
BN = Bangka Belitong

Lanjut lagi ya. .

CC & CD = Plat khusus untuk Korps Konsulat dan Korps Diplomatik
DA = Kalimantan Selatan
DB = Minahasa
DD = Sulawesi Selatan
DM = Sulawesi Utara
DN = Sulawesi Tengah
DE = Maluku Selatan
DG = Maluku Utara
DH = Maluku Timur
DK = Bali
DL = Sangihe / Talaud
DR = Lombok
DS = Papua
DT = Sulawesi Tenggara

Next, Terakhir
EA = Sumbawa
EB = Flores
ED = Sumba
KB = Kalimantan Barat
KT = Kalimantan Timur
KH = Kalimantan Tengah

Nah itu yang Nasional, karena aku dari Riau aku mau bahas sedikit tentang Kode Belakang Plat Nomor Kendaraan Riau.

Jadi Riau kan menggunakan BM, formatnya BM angka terus kode wilayah, nah yang mau aku bahas itu kode wilayahnya, tapi aku hanya sharing apa yang aku tau aja ya.

BM xxxx Sx atau BM xxxx Yx 
Itu kode untuk Kabupaten Siak, aku tau karena aku orang Siak, jadi jika kalian main ke Riau terus nemu plat nomor BM terus belakangnya YE YA YH YB YP atau SS SP SG SK dan seterusnya, itu dari Kabupaten Siak.

BM xxxx Ix atau BM xxxx Cx
Itu kode untuk Kabupaten Pelalawan, CS CA CC itu brrti motor dari Kabupaten Pelalawan, ini Kabupaten Tetangga.

BM xxxx Ox atau BM xxxx Qx 
Itu kode untuk Plat NK Kabupaten Kampar, aku tau karena mainan kami ya sekitaran sini.

BM xxxx Gx
Itu kode untuk Daerah Tembilahan atau Indragiri Hilir, aku tau ini karena kemaren sempat ke Tembilahan.

BM xxxx Ex 
Ini kode untuk Kabupaten Bengkalis, tapi aku asih kurang yakin, karena ini hanya berdasarkan pengamatanku.

BM xxxx Nx atau BM xxxx Jx 
Itu kode untuk Pekanbaru, agak susah mengamati Pekanbaru karena disini banyak kendaraan pendatang.

Ya aku baru taunya sampai disini, mungkin kalau sempat main main ke daerah lain aku cari tau lagi deh. .

By Blank


4 comments:

  1. Replies
    1. kemaren lupa liat plat nomor kuansing, padahal udah ke kuansing

      Delete
  2. Aku ga ngerti knp cm kalsel yang pake DA pdhl kalimantan lain berawalan K hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menurut pencarian aku DA dipakai oleh seluruh Pulau Kalimantan sebelum Provinsi di Kalimantan dipecah

      Delete