PENDAWA (Pendidikan Dasar WANAPALHI)

28 Oktober 2015
Aku baru sadar kalu belum pernah posting tentang PENDAWA (Pendidikan Dasar WANAPALHI). Padahal aku sering nyinggung2 tentang itu, baiklah kalau begitu kita bahas disini, check it out!

PENDAWA merupakan agenda tahunan WANAPALHI yaitu serangkaian kegiatan yang harus dilewati semua calon anggota WANAPALHI untuk bisa menjadi anggota.
Rangkaian kegiatan tersebut seperti :


  • Materi Ruangan, dimana calon anggota diberikan materi (teori dan praktek) tentang ilmu dasar alam bebas seperti Manajemen Perjalanan, Navigasi Darat, Tali Temali dan Panjat Tebing, Survival, Pertolongan Pertama Gawat Darurat Medis (PPGDM) dan Search And Rescue (SAR), dan materi penting yaitu keorganisasian.
  • Latihan Fisik, calon anggota dilatih fisiknya agar nanti ketika dilapangan ataupun di alam yang sesungguhnya fisiknya terlatih, biasanya latihan fisik itu ada marathon, push up, sit up, pull up, naik turun tangga dan ada tambahan juga nantinya.
  • Pralapangan, sebelum masuk ke hutan yang sesungguhnya, calon anggota diberikan dulu gambaran hutan melalui ini untuk menerapkan materi dasar yang telah dipelajari
  • Diklat, calon anggota mengaplikasikan materi yang telah dipelajari pada hutan yang sesungguhnya.
  • Karantina dan Follow Up, calon anggota membuat kegiatan internal maupun eksternal.
  • Ekspedisi, melakukan sebuah perjalanan yang belum pernah dilakukan oleh WANAPALHI.
Setelah selesai rangkaian PENDAWA barulah bisa menjadi anggota WANAPALHI.
Nah begitulah gambaran PENDAWA.

By Blank


No comments:

Post a Comment