Awal Ramadhan

24 April 2020

Gimana, masih kuat puasa?
Adaptasi dulu dong, karena mungkin kita belum terbiasa.
Kalau ada yang mengingatkan kita tentang puasa masih wajar.
Misal ketika sedang bercanda dan tak sengaja berbicara yang tidak baik, orang sekitar masih mengingatkan kita "Eh kan lagi puasa, jaga ucapannya".
ketika habis dari luar panas panasan lalu pulang tanpa sadar buka Coolcage dan ada yang ingatkan "Loh, Ga puasa?" dan banyak lagi misal lainnya.

Apalagi yang sedang mengajarkan anaknya untuk berpuasa, mungkin berat bagi anak anak kita dihari pertama puasa, mereka sama juga dengan kita, harus beradaptasi juga. Ajarkan apa saja amalan yang harus dilakukan pada siang siang Ramadhan, biasanya anak anak itu akan mengeluh "Bunda.... Laapaaar." namanya juga anak anak, apa yang mereka fikirkan itu yang mereka ucapkan.

Kecuali orang yang dibulan lain juga sering berpuasa, mereka akan terbiasa dengan kondisi yang sama seperti mereka melakukan puasa sunnahnya. Asal jangan dihari kesepuluh misalnya masih belum terbiasa juga, itu bukan adaptasi lagi, harusnya sudah terbiasa dan menurut artikel yang pernah kubaca (kayaknya kutonton) di hari sepuluh berikutnya, fokus kita bertambah, seharusnya itu jadi alasan untuk meningkatkan amalan sunnah yang lain. 

Semoga kita bisa melewati Ramadhan tahun ini dan mendapatkan predikat TAQWA.

By Blank

No comments:

Post a Comment