Jika Kau Seorang Penulis

 Ahad, 9 Agustus 2020

Jika kau seorang penulis. . .

Kau pasti faham konsep 5W+1H, ini merupakan teori dasar para penulis, dengan merumuskan 5W+1H, setidaknya para penulis sudah mendapatkan data atau bahan yang ingin digunakan dalam tulisannya.

Kau pasti faham Induksi dan Deduksi, ini adalah dua cara dalam mengambil atau mengemukakan kesimpulan, jika dalam tulisanmu tidak ada Induksi atau Deduksinya, entahlah aku kira itu hanya coretan.

Kau pasti sangat familiar dengan istilah bridging, yaitu kalimat kalimat yang digunakan untuk mengalihkan topik pembahasan, tak mungkin rasanya jika tidak menggunakan bridging pada tulisan.

Kau juga pasti faham dengan diksi, penulis harusnya punya perbendaharaan kata yang banyak, kosakata itulah yang akan membuat pilihan kata menjadi bervariasi, dan mampu membuat tulisan menjadi menarik.

Kau juga akan terbiasa dengan rima, tak ubahnya dengan diksi, jika penggunaan diksi tepat, rima yang dihasilkan bisa hebat.

Sampiran dan isi juga jangan dilupakan, ini bisa menjadi pembuat pesan yang sangat bagus, dengan memasukkan sampiran dan isi.

Jika kau seorang penulis, kau juga pasti suka membaca, perluas wawasanmu, karena dari tulisanmu orang bisa menilai seperti apa dirimu.

Dan jika kau seorang penulis, kau akan menulis, karena jika kau tidak menulis, kau bukanlah seorang penulis.

Enough for today.

By Blank

No comments:

Post a Comment