Training And Workshop IKM Guru - Guru Se Azzuhra Group

 29 Juni 2023

Penyampaian Materi oleh Ibu Agustrianita, M.Pd

Setelah berakhirnya tahun ajaran 2022/2023 dan akan dimulainya tahun ajaran baru 2023/2024, maka guru - guru mempersiapkan beberapa hal, mulai dari kelas, bahan ajar dan perangkat pembelajaran. Karena di tahun ajaran depan ada yang berbeda, yaitu penerapan Kurikulum Merdeka untuk tingkat I,IV,VII dan X. Apa itu Kurikulum Merdeka? Kurikulum Merdeka selanjutnya disebut KurMer, adalah kurikulum nasional yang terbaru dengan mengusung konsep mendeka belajar, merdeka mengajar, diharapkan dengan kurikulum baru ini dapat meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Dalam hal ini Azzuhra Group membuat sebuah Training And Workshop untuk guru - guru agar siap menerapkan KurMer untuk tahun ajaran baru. Acaranya dilaksanakan pada tanggal 26 dan 27 Juni 2023, beberapa guru - guru se Azzuhra Group mengikuti pelatihan Implementasi Kurikulum Merdeka disingkat IKM, tidak semuanya hanya sebagian, yaitu guru guru di tingkat I,IV,VII dan X karena mereka lah nanti sasaran penerapan kurikulum merdeka ini.

Lokasi pelatihan berada di Azzuhra Pusat di Jalan Ketitiran, Panam Pekanbaru. Di Azzuhra pusat sendiri lokasi terbagi lagi, antara pelatihan guru guru PAUD dan TK, Guru guru SD dan Guru guru Sekolah Menengah SMP dan SMA, semuanya berpusat di lantai dua. Sedangkan disaat yang bersamaan ada pembinaan guru guru untuk yang tidak mengikuti Training dan Workshop IKM.

Instruktur pelatihan IKM yang bagian SM adalah Ibu Agustrianita, M.Pd (hanya ini yang kutahu, karena kurang bahan) yang merupakan salah satu wali murid dari SD Azzuhra Pusat. Beliau juga guru di SMPN 40 Pekanbaru dan juga merupakan guru penggerak.

Pesertanya adalah guru guru se Azzuhra Group dari masing masing zonasi, ada Azzuhra Pusat, Azzuhra Tuah Madani (ATM), Azzuhra Cipta Karya, Azzuhra Simpang Tiga, Brilliant Islamic School dan Al Kindi Islamic School, selain pelatihan acara tersebut bisa menjadi ajang silaturahmi antar guru guru se Azzuhra Group, dengan adanya acara tersebut diharapkan guru gurunya bisa saling kenal dan saling berbagi pengalaman.

Acara pelatihan ini berjalan dengan seru, dimana di dalamnya ada ilmu ilmu baru yang mungkin juga bisa membuka wawasan tentang bagaimana menjadi guru, cara mengajar, cara belajar siswa, manajemen kelas, manajemen kepala sekolah dan banyak lagi ilmu yang bertambah saat pelatihan kemarin. Tetapi kemarin masih banyak PR, karena keterbatasan waktu, tidak semua materi tersampaikan untuk KurMer, semoga saja ada lanjutannya, sehingga ilmu yang didapat sekarang bisa dilengkapi dan bisa maksimal menjalankan KurMer ini di sekolah masing masing.

Terima kasih kami ucapkan kepada pihak yayasan yang sudah membuatkan acara ini, sehingga dengan adanya acara ini kita siap untuk menimplementasikan KurMer di tahun ajaran baru.

By Blank

Aku maju untuk penyampaian kesan selama pelatihan

Foto Bersama Pemateri

Ice Breaking



Peserta yang akhwat

Aku maju untuk berbagi pengalaman belajar di waktu kecil


No comments:

Post a Comment