Air Terjun Pangkalan Kapas (ARTEPAK)

13 Februari 2016
Air Terjun Pangkalan Kapas
Air Terjun Pangkalan Kapas (ArTePaK) adalah salah satu objek wisata yang terletak di dekat perbatasan Riau dengan Sumatera Barat. Tinggi air terjun ini sekitar 150 meter, yang berarti air terjun tertinggi di Riau, akses masuk mulai dari Desa Lubuk Bigau, Kampar, Riau.

Untuk perjalanan dari Lubuk Bigau ke lokasi air terjun sekitar 3-4 jam jalan kaki, sedangkan untuk masuk ke Desa Lubuk Bigau sendiri bisa melalui Payakumbuh, Kecamatan Harau, Buluh Kasok, dari Buluh Kasok ke Lubuk Bigau jika perjalanan motor bisa menghabiskan waktu 4-5 jam perjalanan motor.

Untuk medan menuju ke Lubuk Bigau dari Buluh Kasok, jalan tanah kuning dan bebatuan, disarankan menggunakan motor trail, jika ingin masuk juga menggunakan motor biasa, setidaknya ganti ban motor cangkul, gear besar, dan kampas rem baru, karena medan tersebut termasuk medan extreme.

Sebenarnya ada satu lagi jalan masuk menuju Lubuk Bigau, yaitu melalui Lipat Kain, tapi disarankan jangan lewati, karena warga disekitar sana juga sudah tidak melewati jalan itu lagi, dan perjalanannya juga memakan waktu 1 harian.

Untuk menuju tempat yang indah memang diperlukan pengorbanan yang lebih.

By Blank

No comments:

Post a Comment