First Time "Ngamen"

6 Februari 2016
Kejadiannya 13 Januari 2016. Awalnya iseng iseng canda candaan, Opung (Riandi) bilang "Ngamen yok", dan ditanggapi dengan semangat sama kawan kawan yang disekret. "Ayoklah, lumayan buat nambah nambah duit jajan". Padahal waktu itu belum pada makan semua.
Niat yang awalnya iseng iseng didorong pula sama bang Eko saat itu, akhirnya kami berangkat, tapi sebelum berangkat kami dibekali 10 ribu modal awal dari bang Iby, lumayanlah pelapis perut.

Awalnya yang berangkat kami bertiga Aku, Opung dan Ridho tarik tiga pakai motor FU ku, sampai dikedai bude depan kampus berhenti dulu beli roti, gorengan sama susu kedelai, itung itung makan malam. Disitu niat awal dah hampir turun ada yang ngajak pulang, tapi akhirnya dengan modal nekat kami lanjut juga. Ditengah jalan ditelfon Randa, rupanya dia mau ikut ngamen, kami berangkat jadi 2 motor.

Lokasi awal kami pengen nyoba di tempat makan Binjai di dekat RiauPos, tapi parkir agak jauh, disitu ngumpulkan keberanian lama, mungkin ada sekitar setengah jam, karena disitu tempat biasa kami makan makan. Karena masih malu malu akhirnya nyari tempat lain dimana kami belum pernah makan disana, biar ga ada yang kenal. Tepatnya di Warung Pecel Lele simpang Jalan Delima, kami parkir motor depan toko orang agak jauh dari tempat makan tu, disitu juga masih lama ngumpulkan keberanian, buat mutusin urat malu tu lama kali, sampai berkali kali maju mundur cantik sama lah ada juga setengah jam buat ngumpulin keberanian, sebetulnya kalau dah termulai aja sekali selanjutnya udah enak aja, nah memulainya itu yang susah, akhirnya setelah lama akhirnya pede jugak, pertama yang turun aku sama Ridho, kami bawak lagu di Sayidan dari Shaggydog, maaf mas mas Shaggydog kami cuma pengen cari makan hehe, lumayan bukaan pertama dapat 6 ribu rupiah, itu senangnya bukan main. Nice try!!
Selanjutnya kami menyusuri jalan Delima, searching tempat yang ramai dan enak untuk ngamen, tempat kedua kami nyoba di dekat simpang Ardath, ada satu tempat nasi goreng sebelum tanjakan, kami lihat lumayan ramai, percobaan kedua ni pun ngumpulkan keberanian masih lama, tapi selama ang pertama lah, lagu yang kami bawakan lagu Go Green dari Momomon, lumayan dapat 4 ribu rupiah.

Selanjutnya kami telusuri jalan besar di Soekarno-Hatta, kalau siang jadi tempat Show Room mobil, tapi kalau malam jadi tempat nasi goreng, kami coba disitu, kali ini Randa ikut, dapat 4 ribu lumayan.

Setelah dari situ istirahat dulu sambil cerita cerita, memang susah nyari duit rupanya. Setelah istirahat, kami lanjut lagi, tempat keempat kami di Nasi Goreng Binjai yang didepan SPBU Panam, karena udah terbiasa kami cuma butuh waktu bentar untuk berani, lagunya itu itu aja yang kami nyanyikan, lumayan juga dapat 6 ribu, tempat terakhir yaitu tempat awal kami tadi, yaitu Nasi Goreng Binjai yang dekat RiauPos, tempat yang harusnya jadi tempat awal kami ngamen. Disitu pas pulak ada senior kami bang Helmi lagi minum dan herannya dia dak ngasi sepeserpun, mungkin juga lagi krisis hehe, tapi lumayan disana dapat 6 ribu lagi.

Pulangnya kami langsung belanja beras, mie dan telor untuk makan malam, makan malam kami saat itu jam 12 lewat, merasakan uang hasil jerih payah sendiri.

Ngamen, memang terlihat mudah, hanya bernyanyi terus minta uangnya, kita itu baru lihat luarnya saja, kami yang baru nyoba nyoba ini aja ngumpulkan keberanian untuk tampil didepan umum otu lamanya setengah mati.
Setidaknya aku sudah menambah satu pengalaman hidup yang bisa aku ceritakan nantinya. Ngamen juga salah satu ajang ngetes mental, kalau mau mutusin urat malu, ngamen aja, InsyaAllah untuk ngamen selanjutnya mental aku udah ada.

1 comment: