Belajar Nulis dari Blog

18 Januari 2019

Pernah dengar kata narablog? Aku tahu tentang kata ini sejak dari pertengahan tahun lalu, saat surfing dan browsing diinternet. Bagi yang sudah tahu bagus, bagi yang belum tahu narablog itu adalah istilah yang digunakan untuk mengganti kata yang kita kenal dengan blogger. Bahasa Indonesia telah banyak mengganti kata yang awalnya dari bahasa asing ataupun bahasa Inggris beralih ke Bahasa Indonesia. Seperti yang kita tahu awalnya kata Selfie sekarang kita kenal dengan "Swafoto", kata Online sekarang menjadi "Daring" yang merupakan singkatan dari Dalam Jaringan, Offline menjadi "Luring" singkatan dari Luar Jaringan, apalagi kata seperti itu yang kalian ketahui? Iya, Handphone atau Ponsel (Telepon Seluler) sekarang menjadi gawai, nah jika kalian ingin mengetahuinya coba cari di internet, sekarang ilmu itu tak terbatas, semuanya ada di internet, masih banyak kata lainnya yang diganti ke Bahasa Indonesia.

Kembali ke pembahasan awal kita tadi tentang narablog (blogger). Narablog adalah sebutan untuk orang yang melakukan kegiatan blogging. singkatnya blogging adalah kegiatan menulis yang diletakkan diinternet, sehingga semua orang bisa membacanya. Aku seorang narablog, karena aku suka menulis, Pramoedya Ananta Toer mengatakan "Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah", Imam Al Ghazali bilang "Kalau kamu bukan anak raja dan engkau bukan anak ulama besar, maka jadilah penulis", satu lagi dari Helvy Tiana Rosa "Ketika sebuah karya selesai ditulis, maka pengarangnya tak mati, ia baru saja memperpanjang umurnya". Kawan - kawan pasti faham makna dari kutipan - kutipan diatas, makanya aku memutuskan untuk jadi narablog sebagai ajang latihan menulis.


Semenjak jadi narablog aku sudah banyak mengikuti lomba blog dan pelatihan menulis. Dari lomba - lomba yang pernah aku ikuti, aku pernah dapat baju kegiatan dari lomba blog yang diadakan oleh Badan Narkotika Nasional Provinsi Aceh (BNNP Aceh), penghargaan karena peserta 10 Pengirim Pertama, lumayankan? Itu yang dinamakan mencuri kesempatan.
Sertifikat dan Baju Kegiatan

Selain itu aku juga ikut kegiatan Flash Blogging yang diadakan Kementrian Komunikasi dan Informasi (Kominfo) yang saat itu diadakan di Hotel Aryaduta Pekanbaru, diakhir kegiatan mereka memberikan cinderamata berupa tas sekolah kepada seluruh peserta.
Flash Blogging

Opening Flash Blogging
Aku juga ikut gabung di komunitas Blogger Pekanbaru (Blogger Bertuah), tapi belum bisa ikut aktif berkegiatan, karena jarak sekretariatnya dari tempat kosku sangat jauh, mobilitasku terbatas karena tidak punya sepeda motor, meskipun begitu aku tetap bisa belajar online dari senior - senior di komunitas. Nah bagaimana menurut kawan - kawan? Serukan?

Lomba blog biasanya akan banyak pada event - event penting berskala nasional, seperti hari - hari besar, 17 Agustus (Hari Kemerdekaan) ataupun tahun baru, pada saat tahun baru atau menjelang tahun baru biasanya tema lombanya banyak menyangkut tentang resolusi di tahun yang akan kita lalui. Apa? Tidak tahu apa itu resolusi? Oke tidak apa - apa, yang sudah tahu bagus, yang belum tahu kita belajar sama - sama. Resolusi telah mengalami perluasan makna menjadi "harapan yang sungguh - sungguh dari pribadi seseorang" dikutip dari (kompasiana.com) dari pengertian awalnya jika kita ambil dari KBBI artinya adalah "putusan atau kebulatan pendapat berupa permintaan atau tuntutan yang ditetapkan oleh rapat(musyawarah, sidang), pernyataan tertulis, biasanya berisi tuntutan tentang suatu hal". Singkatnya resolusi itu adalah harapan ataupun target kita, resolusi 2019 berarti target kita ditahun 2019.

Resolusiku ditahun 2019
  1. Aku baru saja menjadi seorang sarjana di bulan Desember 2018 kemarin, dan sekarang masih mencari kerja, semoga 2019 aku bisa mendapatkan pekerjaan.
  2. Ingin lebih fokus untuk menulis, baik blog maupun puisiku. Aku ingin jadi blogger profesional, dan;
  3. Ingin sekali dari dulu memiliki buku hasil karyaku sendiri, entah itu antologi puisi ataupun buku cerita.
Semoga resolusiku ditahun ini bisa terwujud, karena sesungguhnya manusia itu hidup dengan harapan, jika sudah tidak punya harapan, hari - hari yang akan kita lalui terasa sia - sia.

By Blank





2 comments: