Ingat 5 Sebelum 5

27 Januari 2019
Mengutip dari lagunya Grup Nasyid RAIHAN, dari negara tetangga yaitu Malaysia yang liriknya seperti ini "Ingat lima perkara, sebelum lima perkara". Lima perkara itu ialah :
1. Sehat sebelum sakit.
Biaya berobat mahal dan juga kalau kita sakit kita akan merepotkan orang lain. Menjaga kesehatan terdengar sepele sekali, tapi sulit untuk melakukannya. Menjaga pola makan, seperti kisah Nabi Muhammad SAW tentang tabib dikampungnya yang terheran heran tidak ada yang berobat kepadanya karena mereka menerapkan tata cara hidup sehat yang disampaikan Nabi Muhammad. 
  • Senin dan Kamis berpuasa
  • Tiap pertengahan bulan, puasa Ayyamul Bidh
  • Mengunyah Makanan 33x
  • Makan dengan 3 jari
  • Makan dan Minum jangan sambil berdiri
  • Buang Air jongkok.

2. Muda sebelum tua
Masa muda termasuk masa yang labil, kita masih mudah terikut - ikut kebiasaan lingkungan sekitar kita. Apalagi dengan adanya semboyan "Selagi muda nakal, nanti pas tua tidak bisa nakal lagi". Kalau bisa semboyannya kita ganti dengan "Tidak nakal sampai tua". Banyak orang yang menyesali hari tuanya karena saat mudanya sudah melakukan hal - hal yang tidak baik

3. Kaya sebelum miskin
Kaya itu tidak hanya melulu tentang harta, kita diberi anggota tubuh lengkap ini, suatu kekayaan untuk kita, pergunakanlah anggota tubuh kita untuk berbuat yang baik - baik. Pernah lihat orang lumpuh atau stroke? Atau kita sendiri dalam keadaan tersebut, setidaknya kita tetap bersyukur karena masih bisa hidup, perbaiki amal kita sebelum ajal menjemput.
Bersedekahlah, karena sekaya apapun kita, itu hanya titipan dari Allah.

4. Lapang sebelum sempit
Waktu kita mungkin sangat banyak, sejenak istirahat makan siang jangan lupa beribadah sebentar hanya 5 menit, tak banyak waktu 5 menit itu, tapi jika kita tunda - tunda, 5 menit untuk ibadah itu akan terasa sangat berat.

5. Hidup sebelum mati
Kita tidak tahu ajal kita datangnya kapan, entah nanti sore saat dijalan ingin pulang, entah nanti malam entah besok pagi, kita tidak tahu kapan, oleh sebab itu persiapkan bekal untuk akhirat.

Postingan ini tidak bermaksud menggurui, hanya saja untuk mengingatkan sesama.

"Penyesalan datang terlambat, penyesalan tak ada guna"

By Blank

No comments:

Post a Comment