Metode Menghafal Al Qur'an dengan Cepat

 1 Februari 2023

Sumber Gambar : https://web.facebook.com/motivasimenghafalalquran/photos/anda-pasti-bisa-menghafal-al-quranjika-anda-yakin-bisa-hafal-30-juz-insya-allaha/722661428092313/?_rdc=1&_rdr

Beberapa waktu yang lalu, guru - guru Al Kindi mendapat pembekalan tentang metode untuk menghafal Al Qur'an dengan cepat. Pembekalan ini bermaksud untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas hafalan guru - guru, karena di Al Kindi Al Qur'an menjadi program unggulan, terutama menghafalnya. Jadi untuk mendidik anak - anak yang akan menghafal dan mencintai Al Qur'an diperlukan ilmu dari guru - guru yang juga cinta dengan Al Qur'an. 

Pengisi materinya guru kami yaitu Ustadz Affan Permana Putra, tempatnya di gedung belakang SDIT Al Kindi, pesertanya seluruh guru yang mengajar di SDIT dan SMPIT Al Kindi. Tidak hanya penyampaian materi kami juga langsung mempraktikkannya agar tahu proses pengajarannya kepada anak didik.

Mari kita bahas metodenya, metode ini disebutnya metode Tiqror, diharapkan bukan hanya hafal tapi mutqin (lengket diingatan) karena memindahkan hafalan dari Short Term Memory ke Long Term Memory. 

Metode Tiqror

Untuk memulai metode ini ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu kita harus mengetahui terlebih dahulu keistimewaan menghafal Al Qur'an, apa saja keistimewaannya? aku akan sampaikan yang aku ingat dan aku catat saja, sebenarnya masih banyak lagi dari yang aku catat ini.
  • Jernih akalnya, orang yang menghafal Al Quran akalnya jernih, kalau tidak, akan sulit Al Quran masuk kedalam hafalannya.
  • Ingatannya segar, sekarang banyak orang yang mudah lupa, bisa jadi pengaruh makanan, jajanan, minuman yang banyak mengandung bahan bahan yang tidak bagus untuk kesehatan seperti micin micin dan lain lainnya, itu bisa melemahkan ingatan.
  • Membuat hidup bahagia, bagaimana bentuk bahagianya, nanti kita akan temukan sendiri bagi yang ingin mencobanya, dan memang setiap orang yang dekat dengan Al Quran hidupnya bahagia. Dekat dalam artian dibaca dan dihafal, bukan dekat jaraknya saja ya hehe.
  • Waktunya berkah, waktu kita semua manusia sama 24 jam, tapi kebanyakan orang disibukkan dengan urusan yang lain sehingga tidak punya waktu lagi untuk Al Quran. Waktu yang dihabiskan untuk menghafal akan memperoleh banyak berkah dan manfaat.
  • Sunnah Rosulullah Shollallahu Alaihi Wasallam, Rosulullah hafal Al Quran dan setiap bulan Romadhon hafalan Rosulullah di murojaahkan kepada malaikat Jibril.
  • Menyelamatkan dari Azab Neraka.
  • Menjadi penolong, Al Quran akan memberikan syafa'at kepada pembacanya.
  • Akan dimuliakan / ditinggikan derajatnya, para penghafal Al Quran ditinggikan derajatnya oleh Allah Azza Wa Jalla
  • Menjadi keluarga Allah Azza Wa Jalla
  • Dikumpulkan bersama Malaikat, Nabi dan Rosul
  • Dibolehkan iri kepada penghafal Al Quran, kalau iri kepada yang lain kita bisa terhitung berdosa, tapi kalau iri sama penghafal Al Quran dan ingin juga menjadi penghafal Al Quran dibolehkan.
  • Menjadi sebaik baiknya manusia, orang yang belajar Al Quran dan mengajarkannya.
  • Memuliakan orang tua di akhirat, anak anak yang menghafal Al Quran orangtua nya akan dipakaikan mahkota di akhirat.
Masih banyak lagi keistimewaan menghafal Al Quran, silahkan dirasakan keistimewaannya.

Syarat sebelum menghafal

  1. Ikhlas, Niatkan menghafal Al Quran karena Allah Azza Wa Jalla.
  2. Banyak minum air putih, air putih akan membantu membawa oksigen ke otak
  3. Memilih Tempat, kita butuh konsentrasi tingkat tinggi, jadi pilih tempat senyaman mungkin
  4. Memilih Waktu, yang dianjurkan adalah 1 jam sebelum sholat subuh, karena itu merupakan waktu terbaik untuk belajar dan menghafal, kalau mau pilih waktu yang lain juga boleh, yang penting senggang atau disenggangkan.
  5. Memilih guru Al Qur'an, akan sangat sulit, jika harus menghafal sendirian, jadi silahkan di cari dan dipilih gurunya, guru yang sudah tahsin, setidaknya dia bisa mengoreksi ketika kita salah baca.
  6. Memilih Mushaf, kalau sedang menghafal jangan ganti ganti Al Qurannya, karena akan beda penempatan serta besar kecilnya huruf, kalau sudah menetapkan menggunakan Al Quran yang satu, gunakan terus Al Quran yang itu untuk menghafal.
  7. Perpanjang Rukuk dan Sujud, rukuk dan sujud, adalah gerakan yang bisa mengalirkan darah ke seluruh otak, saat sujud juga merupakan kondisi terdekat manusia dengan Allah Azza Wa Jalla, silahkan di perbanyak do'anya.
  8. Target, berapa jumlah hafalan yang kita inginkan, setelah punya target, baru kita bisa memanajemen waktunya, misal, kita ingin hafal 2 Juz dalam waktu sebulan, 2 juz itu sekitar 20 lembar atau 40 halaman, dibagi dalam waktu 30 hari, jadi kita punya langkah kerja perharinya yang harus dihafal, dan dalam sehari bisa kita bagi 3 waktu, pagi siang dan malam
  9. Hilangkan kata negatif, kadang kita bilang "susah kali", "panjang kali", "banyak kali" itu merupakan blok blok dari pikiran kita, hilangkan kata kata tersebut, ganti menjadi kata positif, "insyaAllah bisa", "InsyaAllah mudah", "InsyaAllah cuman 15 baris", "semangat, pasti bisa" dan kata kata lain yang membuat kita bertambah termotivasi.
  10. Bayangkan kita menjadi penghafal Al Quran, silahkan berandai andai bahwa kita adalah seorang penghafal Quran.
  11. Pemanasan Otak, sebelum menghafal ada baiknya melakukan pemanasan, sama seperti kita ingin olahraga tubuh yang lain, kita juga butuh pemanasan otak, caranya dengan membaca hafalan surah yang sudah kita ingat, sebelum memulai hafalan baru, kalau memang tidak ada hafalan, baca Al Fatihah saja sekitar 10 menit.
  12. Pernafasan, sama dengan olahraga tubuh, pernafasan merupakan hal penting, karena akan mengalirkan oksigen ke otak, jadi hirup nafas panjang melalui hidung, tahan 5 detik, lepaskan pelan melalui mulut, ulangi sampai 2 atau 3 menit, setidaknya itu bisa merileks kan kerja jantung.
  13. Fokus, konsentrasi, jangan ada hal kecil yang mengganggu, kalau kita menghafal, tapi kita sedang rebus telur di kompor, itu membuat kita tidak fokus, jangan ada yang mengganggu saat kita sedang menghafal.
Demikian syarat syarat yang harus dilakukan, terlihat banyak, tapi ketika dikerjakan sangat mudah, setelah semua syaratnya faham dan dimengerti barulah kita ke teknis menghafalnya. Sebelumnya penting juga untuk tahu cara memegang Al Qurannya, yang pertama letakkan setinggi mata/ sejajar dengan mata. atau pakai cara yang kedua angkat agak tinggi sedikit dari mata disebelah kiri atau kanan.
  1. Metode Al Hifz, untuk menyetorkan hafalan baru, bukan murojaah ya. Baca 5 kali dengan Al Qur'an yang terbuka sebanyak 1 ayat/ 1 baris, kemudian tutup dengan ulang membaca 10 kali yang sudah di baca tadi, misal baris pertama An Naba', baca 5 kali, lalu tutup Al Quran nya baca 10 kali An Naba baris pertama. jika sudah lanjutkan An Naba baris kedua dengan cara yang sama. lalu ulang dari An Naba' baris pertama tadi. Begitu seterusnya sampai baris paling terakhir.
  2. Metode At Tiqror, An Naba' halaman pertama sampai ayat 30 tadi, disetorkan ke guru yang kita pilih tadi, syaratnya minimal 3 kesalahan, baru dinyatakan lulus, jika sudah lulus silahkan di Tiqror sebanyak 20 kali tanpa melihat Al Quran, kalau lupa, jangan buru - buru buka Al Quran, coba ingat dulu selama 5 menit, bikin otak kita penasaran, kalau tidak dapat juga baru buka, tapi yang dilihat hanya yang kita lupa tadi, selebihnya tutup lagi Al Qurannya, dan dicatat sehingga kita yakin bahwasanya sudah diulang 20 kali karena ada catatan angka hafalan yang keberapa. Kalau tidak dicatat, takutnya khilaf, rasanya sudah tiqror 10 kali, ternyata baru 4 kali.
  3. Metode Ar Robth, mengulang dari awal. Misalnya kita telah mentiqror An Naba halaman pertama, dan mentiqror halaman berikutnya, 2 halaman yang sudah kita tiqror tadi di gabung, bertambah banyak jumlah halaman yang di tiqror, semakin lama dan banyak Ar Robth nya.
  4. Murojaah, tidak ada murojaah kalau belum 1 Juz, jadi kalau belum satu Juz, itu namanya Ar Robth, kalau sudah satu Juz, itu yang dinamakan murojaah.
  5. Metode At Tajdid Wa Tasbit, bengkel hafalan. Ini untuk kita yang punya hafalan, tapi belum kokoh, caranya dengan metode ini. Ketika murojaah, ada yang lupa, diulang lebih banyak ayat yang kita lupa dan dicatat, Juz 30 lembar ketiga baris ke 4 misalnya, lalu lanjutkan lagi, jika jumpa lagi yang kita lupa, ulangi langkah yang tadi.
Nah, segitu dulu yang aku dapat ketika pembekalan kemarin, mudah mudahan bermanfaat, kalau bingung dengan penyampaianku, dianggap mengerti sajalah.

by blank

No comments:

Post a Comment